Minggu, 28 Desember 2008

Buslane TMB (Trans Metro Bandung), Astaga... Amburadullllll...

By Zkheey

TMB

Masya Allah, Geloooooo...pisan! kata-kata itu yang tepat buat mendeskripsikan program transportasi massal buatan Pa Dada sang walikota Bandung tercinta. Uuurggghhh... laen nanaon, da meni acakadul pisan atuh. Bukan juga Zkheey kontra sama pemerintah kota Bandung. Tapi punten...sesuatu yang sejak awal berantakan alias sama sekali ga siap, kalo dipaksain sama ja bunuh diri atau justru mengorbankan orang lain. Yap, program buslane Trans Metro Bandung (TMB) yang Senin, 22 Desember 2008 kemaren mulai uji coba akhirnya cuma bertahan beberapa jam aja karena demo besar-besaran dan sedikit anarkis dari para sopir angkutan kota (angkot) yang ga terima atau lebih tepatnya "menolak" TMB. Ricuh, Ruwet, Riweuh, karena pemkot Bandung tidak menyediakan win-win solution buat semua pihak supaya program ini bisa berjalan aman dan mulus. Intinya, dari awal program ini ditolak mentah-mentah sama para sopir angkot karena trayek mereka bersinggunggan langsung ma TMB. Bukan cuma satu jurusan angkot, tapi ada sebelas jurusan laen yang searah ma trayek TMB. Apalagi, penghasilan mereka selama ini udah seret dengan naiknya harga BBM dan banyaknya penumpang yang beralih ke motor. Wajarlah kalo mereka nolak, Engke dahar sapopoena kumaha? Jadilah urusan perut ngebuat mereka berani nyegat bus TMB yang penuh penumpang walopun banyak polisi yang ngehalangin. Lebih gila lagi, Mereka jadi anarkis dengan nyegat bus DAMRI bahkan ngehajar sopir-sopir angkot yang trayeknya sama skali ga sejalur ma TMB. What the hell??? Inikah hasil "kerja keras" dua tahun pemkot Bandung??? menyedihkan...

Ok, perkembangan terakhir dari program ini yaitu TMB ditangguhkan (ditunda) ampe tiga bulan ke depan, tepatnya tanggal 22 Maret 2009. Syaratnya, konsorsium TMB harus udah terbentuk dan semua infrstruktur dari mulai shelter bus, tiket, SDM, dan yang paling penting kesepakatan antara pemkot Bandung dengan para sopir angkot yang trayeknya bersinggunggan udah beres semuanya. Muluk memang, tapi haruslah kalo mau program ini jalan dengan mulus dan awet. Sebagai warga Bandung, pastinya Zkheey ga mo liat sopir angkot demo dan mogok lagi. Karena sebagai angkoters, pastilah Zkheey dan temen-temen lainnya kena imbas negatif dari aksi mereka which is aktifitas jadi terhambat, mo kmana-mana gada angkot. Terutama buat kalian yang tinggal di sepanjang jalan Soekarno-Hatta (bypass) tempat TMB beroperasi.

Sejarah TMB

Terlepas dari kericuhan waktu launching TMB kemaren, sebenernya gmn sih awalnya program ini muncul? Well, konsep buslane TMB adalah imitasi dari program busway yang ada di ibukota kita. Mungkin Pa Dada kabita sama busway di Jakarta yang katanya bisa mengurangi kemacetan superparah disana, walaupun ga mulus-mulus amat bahkan banyak konflik. TMB sendiri mulai direncanain sejak akhir tahun 2006 meskipun infrastrukturnya sama sekali belom siap seperti jalur (line) jalan yang belum dibatasi, shelter bus dan halte penumpang yang sama skali belom ada wujudnya, juga sarana pendukung lainnya seperti tiket, SDM, angkutan penghubung (feeder), ampe regulasi teknis pelaksanaan TMB yang masih gaib. Tapi pemkot bandung tetep keukeuh sumekeuh buat ngejalanin program ini. Maka datenglah sepuluh unit bus TMB dari Departemen Perhubungan (Dephub) pusat tanggal 27 Desember 2006. Rencananya sih Januari 2007 mo langsung diuji coba, tapi malah ditunda ampe April 2007 dengan alesan smua infrastrukturnya belom siap. Akibatnya, bus yang udah lama parkir di gudang Dishub Bandung mulai rusak ga terawat bahkan jadi sarang laba-laba karena ga kunjung dipake. Lucunya, ampe Mei 2007 sama sekali ga kliatan ada pembangunan fisik TMB di sepanjang jalan bypass. Awalnya Dishub mo pake jalur tengah dengan ngasih pembatas berupa tulisan TMB di aspal jalan dan plang di atas trotoar. Tapi apa daya tangan tak sampai, rencana ini kebentur sama Strategic Road Infrastructure Proggrame (SRIP) dari Bina Marga pusat dimana mereka mo ngebangun flyover (jalan layang) di beberapa persimpangan yang saban hari macet kaya Jln. Kopo, Jln. Moh. Toha, dan Jln. Buahbatu.

Akhirnya Dishub ngalah dan dapet ijin buat make lajur kiri (jalur lambat) dari Dirjen Perhubungan Darat, 28 april 2008. Ini berarti jalur TMB bersinggungan atau sejalan sama angkot-angkot yang trayeknya melewati bypass. After that, Dishub mulai ngadain lelang tender operator yang akhirnya dimenangkan oleh DAMRI pada 24 Juli 2008. Lelang investasi shelter pun dibuka buat masyarakat umum karna emang TMB ini ga dapet suntikan dana dari APBD. Terus, rancangan jumlah dan lokasi shelter pun dibuat yaitu sebanyak 32 unit shelter bakalan dibangun di 16 titik berseberangan yaitu di Jln. Elang, Cibeureum, Holis, Caringin, Leuwipanjang, Perumahan Mekar Wangi, LPKIA, Cidurian, MTC, Perumahan Metro Margahayu Raya, Riung Bandung, Kantor Perumahan Sarana, Pasar Gedebage, Perumahan Cempaka Arum, dan Cibiru. Tapi nyatanya, rencana tinggal rencana. Ujung-ujungnya TMB mundur, mundur, mundur, dan mundur terus. Ini juga yang bikin Dephub yang udah nyumbang 10 unit busnya bete, geram, kesel, karena nganggep Dishub Bandung ga serius sama program ini. Sampe akhirnya mereka ngancem bantuan bus itu bakalan ditarik lagi ke pusat kalo TMB ga buru-buru jalan. Kenyataan ini ngebuat Kadishub Bandung, Pa Timbul Butar-Butar kalang kabut sekaligus kebakaran jenggot. Beliau pun menegaskan bahwa TMB bakal dioperasikan pertengahan Desember 2008. Sayangnya seperti cerita Zkheey diatas, rencana ini dapet penolakan gede-gedean dari para sopir angkot yang berujung rusuh ga karuan.

Hal lain yang pengen Zkheey komentarin adalah shelter atau tempat pemberhentian TMB sekaligus tempat dimana penumpang nunggu bus. Jangan harap deh nemuin shelter beton nan megah kaya shelter bus Trans Jakarta. Yang ada cuma shelter tenda terbuat dari terpal plastik tahan panas bergambar salah satu merek rokok terkenal (sponsor kali yee???), bangku panjang buat tempat duduk penumpang, dan tangga setinggi 40 cm yang dipake penumpang buat naik kedalam TMB. Huuuhh...ironis dari sini ja kita dah bisa ngeliat kesiapan pemkot Bandung, dalam hal ini Dishub Bandung yang bener-bener ga siap!!! Parahnya lagi menjelang soft launching tanggal 22 Desember kemaren, Dishub ga mampu menuhin target ngebangun 15 shelter "minimalis" di sepanjang jalan bypass itu. Dengan alasan keterbatasan SDM, mereka hanya mampu ngebangun 8 shelter. Itupun ga semuanya selesai alias masih ada bolong dimana-mana contohnya shelter di depan kampus LPKIA yang belom ada bangkunya, walah kumaha yeuh kang dada??? Ibarat pepatah lama, masih jauh panggang daripada api, pengen lari tapi kakinya pincang, gmn bisa??? Jujur waktu ngeliat langsung shelternya, malu banget rasanya apalagi dengan keinginan kota bandung buat majuin dunia pariwisatanya. Transportasi yang baik adalah salah satu ujung tombak pariwisata. Terlebih lagi, seperti Zkheey bilang diatas, TMB ini pake lajur kiri yang notabene padat dan lambat, so apa bedanya dunk sama angkot, ojek, dan angkutan yang laennya??? mungkin emang gada bedanya????hehe...

Jujur aja Zkheey setuju banget ma usulan transportasi massal di Bandung. Siapa juga yang ga mo nyaman berkendaraan di jalanan Bandung. Kepengen dong klo warga Bandung milih transportasi massal buat beraktifitas sehari-hari. Siapa tau nanti Bandung bakalan kaya kota-kota di luar negeri yang minim mobil pribadi tapi padat kendaraan umum. That's great, tapi kalo sistem dan perencanaannya acakadul begini siapa juga yang suka??? yang ada Zkheey bakalan deg-degan setiap naik angkot karna takut diturunin atau kena demo. Ga usah jauh-jauh deh, mulai dari yang kecil dulu seperti peremajaan angkutan kota yang ada sekarang semisal bus DAMRI, angkot, dan angkutan lainnya. Abis itu, batesin jumlah trayek dan jumlah angkot yang ada di jalanan sekarang. Kebanyakan euy... kalo Bogor punya julukan kota sejuta angkot, Bandung mungkin kota semiliar angkot. Secara kontur jalanan Bandung kan sempit dan berkelok-kelok, so kalo jumlah mobil yang ngelewatinnya miliaran, pantes aja maceeeeeeeet terus tiap hari. Mudah-mudahan keluhan zkheey didengerin ya sama bapa-bapa di dishub sana hehee...Overall Zkheey dan tentunya sebagian besar masyarakat Bandung setuju-setuju aja ma TMB apalagi kalo tujuannya memudahkan warga bandung ke tempat tujuannya. Tapi punteeeeeeennnnn pisan kanggo Pa Dada sareng jajaranna, cing atuh ditinjau ulang, dimatengkeun infrastuktur jeung sajabana supados TMB teh karasa mangpaatna kanggo wargi-wargi Bandung sadayana.

No response to “Buslane TMB (Trans Metro Bandung), Astaga... Amburadullllll...”

Leave a Reply