Selasa, 02 Desember 2008

Takut

Takut, adalah film horror yang bener-bener fresh buat gw. Sesuai dengan taglinenya, film ini nawarin 6 cerita yang disutradarain ama 7 orang sutradara Indonesia yang kondang surondang dalam 1 film. Begitu denger konsepnya kayak gitu pasti orang-orang udah bisa nebak. Konsep film ini sama dengan 4bia, film Thailand yang belum lama release. Tapi berbeda dengan 4bia yang tiap ceritanya dia buat dengan tehnik yang penyuntingan yang berbeda, film ini dibuat hampir seragam. Baik dari penataan gambar, suara spesial efek semuanya dibuat sama (kecuali cerita terakhir). Untungnya kualitas penataannya jauh di atas film-film horror Indonesia kebanyakan.
6 cerita yang ada di sana itu diantara lain: cerita tentang seorang cowo yang ngga sengaja ngebunuh anak tirinya (gw lupa namanya!), Titisan Naia, Peeper, The List, Rescue, dan yang terakhir judulnya Dara. Diantara keenam cerita itu mungkin cerita terakhirlah yang paling menggigit.

Setelah beres nonton film ini jujur aja, gw sempet kecewa karena filmnya tidak seperti yang gw harapkan. Ceritanya bisa dibilang ngga ada yang jelas. Mungkin ini disebabin ama durasi yang terlalu pendek. Jadi tiap film ceritanya sangat dangkal. Mungkin cuma Dara yang ngga gitu. Walaupun durasinya pendek, film ini masih berkesan banget buat gw. Ceritanya bagus (walaupun banyak orang bilang mirip Saw), Syarifah Danis maenin perannya dengan baik banget, penataan filmnya ngga terkesan kacangan, dan yang paling penting ceritanya dibuat dengan sangat jelas dan klimaks banget. Salut buat The Mo Brothers!

Hal-hal laen yang jadi perhatian gw mungkin masalah penataan gambar. Walaupun penggarapannya jauh di atas film-film horror yang laen anehnya ntah kenapa warna film ini kelewat terlalu suram. Malah saking suramnya gw sempet sakit mata waktu liat cerita yang pertama.

Yang jelas kalo mo liat film ini siap-siap aja kecewa dan terbingung-bingung ama 5 cerita pertama, karena cuma cerita terakhir yang bisa dibilang bagus. Gw merekomendasiin film ini sebagai film yang wajib ditonton. Soalnya konsepnya bisa dibilang unik untuk ukuran film Indonesia dan cerita Dara adalah cerita horror yang wajib ditonton soalnya itu bisa dibilang one-of-the-best dari film-film horror yang gw udah tonton taun ini.

Menurut gossip salah satu dari enam cerita di film ini bakal dijadiin film layar lebar. Gw sech berharap Dara yang bakal diangkat. Soalnya ceritanya bisa dibilang paling bagus dan kalo udah dijadiin film gw yakin film ini bakal menang secara kuantitas dan kualitas. Percaya dech.

One response to “Takut”

Leave a Reply