Senin, 18 Januari 2010

JobsDB.com Career Expo Bandung, Exquisite & Faboulous!!!

It's a brand new idea and innovative!!! Those are some ideal descriptions for the event which is firstly held in Bandung. Indeed, JobsDB.com has just came here to held its 'grandeur' event for thousands of jobseeker in Bandung. As a jobseeker, it's a MUST come event for zkheey to get an ideal job. Previously, in late 2009 Jakarta had a portion for the event which was held in Balai Kartini. Well, Jakarta is always is, this event has become annually held for jobseekers in the capital. Beruntung wargi Bandung bisa nyicipin serunya job fair yang ga biasa ini di kota kelahiran sendiri, 15-17 Januari lalu yang dilaksanain di Sabuga dari jam 10.00-18.00.


Reguler & Fast Lane
Zkheey dateng ke event ini pas Sabtu (16/1) jam 9 pagi. Walopun tiket box baru dibuka satu jam kemudian, zkheey sengaja dateng lebih awal buat ngindarin antrian panjang khas career expo umumnya. Well, jam 9 pun antrian udah padet dengan kurang lebih ada 200-an pengunjung. Kebetulan pagi itu Sabuga diguyur ujan, tapi justru pengunjung tambah banyak dan panitia terpaksa membariskan pengunjung yang ga kebagian tempat berteduh di sebelah empat antrian resmi supaya ga keujanan. Antrian pun dibagi empat line masing-masing dua line reguler (15 ribu), satu line fast lane (45 rb), dan satu line VIP (reguler atau fast lane) untuk wargi bandung yang sebelumnya udah beli tiket. Perbedaan harga antara reguler dan fast lane berpengaruh dalam pelayanan, proses, dan fasilitas yang didapet. Sebagai pembeli reguler, zkheey mesti berkeliling ke tiap stand peserta pameran, pilih lowongan dan ngelamar seperti biasanya. Sementara mereka yang beli tiket fast lane, disediakan satu spot khusus berisi sederet laptop untuk langsung ngelamar secara online tanpa keliling. Udah gitu dapet minuman gratis pula. Eeeiittsss...yang reguler justru lebih seru kok. Dengan harga tiket 15 rb zkheey dikasih starter pack gratis dan satu pak permen. Dengan berkeliling dari satu stand ke stand yang lain justru ngebuat zkheey tahu lebih detil posisi apa ja yang ditawarkan. Selain itu, bisa berinteraksi sama penjaga stand, ketemu dan ngobrol sama temen sesama pencari kerja, dll. Nah, proses interaksi inilah yang ga dipunyain mereka di jalur fast lane. Rugi kaleee ga keliling... Toh yang fast lane tetep mesti ngantri panjang karena walopun jumlah pembelinya lebih sedikit, tapi kan klo dikumpulin di satu tempat jadinya numpuk???

Walaupun diguyur ujan, para pencari tetep gigih ngantri!!!

Barcode
Buat jobseeker kayak zkheey dan jutaan wargi Bandung lainnya yang udah sangat hapal dengan administrasi manual di bursa kerja yang diadain di Bandung, mungkin syok ngeliat JobsDB.com Career Expo yang lebih komputerisasi and well integrated. Wargi bandung biasanya kan mesti bawa setumpuk dokumen plus amplop, klip, hekter, pulpen, dll tiap kali dateng ke job fair. Tapi semuanya itu mubazir disini. Begitu masuk pintu utama Sabuga, zkheey dikejutkan dengan puluhan laptop dan petugas administrasi online JobsDB.com yang siap melayani dengan benderanya masing-masing. What??? yup it's a real flag. Ada empat warna bendera yaitu ijo, putih, biru, dan merah. Bendera ijo buat pengunjung reguler, putih buat pembeli fast lane, biru untuk mereka dengan file lebih dari 500 kb atau masih berantakan, dan merah untuk pemasangan barcode. WOW, it was cool. Petugas yang udah selesai dengan satu pengunjung bakal langsung ngibarin benderanya sebagai tanda kalo dia siap ngelayanin pengunjung berikutnya. Creative, isn't it??? Next, tiap pengunjung reguler mesti nyerahin USB yang berisi satu file dokumen kelengkapan ngelamar kerja seperti CV, ijazah, transkrip, KTP, surat lamaran, dan foto. File itu mesti dalam format word atau PDF dan ga boleh lebih dari 500 kb. Dengan bantuan petugas, file itu diunggah (upload) ke dalam database JobsDB.com. Proses selanjutnya yaitu pemasangan barcode di tiket masuk yang dibeli tadi oleh petugas berbendera merah. Yah sama lah kaya barcode harga di supermarket. Mungkin agak ribet di awalnya, tapi justru barcode ini sangat membantu. Wargi bandung yang berminat ngelamar satu atau beberapa lowongan kerja di suatu perusahaan cuma tinggal memindai (scan) barcode tadi dan ga perlu nyerahin dokumen fisiknya. Simple kan???


Antrian administrasi JobsDB.com Career Expo

Peserta Expo
Kalo ngomongin yang satu ini sebenernya agak klise, karena JobsDB.com selaku situs headhunter terbesar di Indonesia (I think so???) selalu menghadirkan perusahaan-perusahaan papan atas di tiap eventnya. Mulai dari Pertamina, Nestle, Pembangunan Jaya Ancol, Sinarmas Pulp & Paper, Kopi ABC. Perusahaan media massa nasional seperti Trans TV, Kompas Gramedia, MNC Networks, Detik.com. Media massa lokal Bandung kayak Rase FM, 99ers, Paramuda, dan STV. Sampe bank-bank nasional yang jadi langganan di tiap career expo kayak CIMB Niaga, OCBC NISP, dan Bank Bukopin ada disini. Panitia pun nyediain panggung utama untuk presentasi peserta expo, tanya jawab, dan games dengan pengunjung. Belom lagi yang juga jadi nilai plus adalah merchandise gratis dari stand peserta expo. So, apalagi yang mesti dibahas?? event ini bener-bener terlalu berharga buat dilewatin jobseeker seperti zkheey dan wargi bandung lainnya. Pengunjung yang dateng pun emang semakin sore semakin menggila dan bisa dibayangkan nilai investasi event ini selama tiga hari penyelenggaraan hanya dari sisi tiket aja. Hmmm..berapa duit ya??? sukses terus buat JobsDB.com, sering-sering dateng ke Bandung. Mudah-mudahan lebih banyak situs headhunter atau penyelenggara bursa kerja lain yang ngadain event semacam ini dengan sistem serupa, Bravo all. (Zkheey)


Stand Peserta Expo

2 Responses to “JobsDB.com Career Expo Bandung, Exquisite & Faboulous!!!”

Pieces of my life mengatakan...

wahhhh..seru banget kek nya..rencana gw mo ke jobdb career expo yg di surabaya..doakan sukses ya..:)

zkheey mengatakan...

Hai pieces of my life...duh sori banget neh dah sekian lama baru dibales. Gmn jobsDB cereer expo di Surabaya??? lebih meriah dari Bandungkah??? Moga dapet kerjaan yang diinginkan yah. salam kenal dari zkheey...

Leave a Reply