Selasa, 09 Februari 2010

ITB Fair 2010 - Tetap Jalan Meski Hujan

Hari sabtu kemaren tepatnya tanggal 6 Februari 2010 langit kota Bandung tampak sangat mendung. Cical dan Zkheey yang siang itu lagi dalam perjalanan ke kampus Institut Teknologi Bandung alias ITB jadi agak sedikit cemas. Hari ini kan hari pertama acara ITB Fair? Kalo tiba-tiba aja turun ujan selama acara berlangsung kan bisa gawat. Eh ternyata bener aja. Begitu kita menginjakan kaki di ITB tiba-tiba aja hujan turun dengan lebatnya. Namun keadaan cuaca yang tidak memungkinkan ini ternyata tidak mengurungkan niat para mahasiswa ITB buat menggelar acara ini. Meski hujan, acara ITB Fair ini tetap berjalanan.

Mungkin sebagian dari wargi Bandung yang membaca artikel ini bakal bertanya-tanya ITB Fair itu apa sech? Jadi ITB Fair itu adalah acaranya mahasiswa ITB yang diadain tiap 2 tahun sekali yang tujuannya adalah memamerkan hasil karya dan inovasi-inovasi yang dibuat oleh para mahasiswa ITB. Jadi buat para wargi Bandung semua yang penasaran, apa aja sech yang udah dibuat ama anak-anak ITB? Di sinilah tempatnya buat menajawab rasa penasaran itu.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini (6-7 Februari 2010) ngga sekedar acara pameran biasa. Di ITB Fair ini juga ada beberapa acara lain yang patut buat diliat oleh wargi Bandung semua. Misalnya aja pemecahan rekor MURI, panggung kesenian, art performance, donor darah, talkshow, dan tentu aja malam puncaknya. Oh ya acara ini didukung oleh Telkom Indonesia, Pertamina, dan ExxonMobile sebagai sponsor utamanya.

Unfortunately, hujan lebat yang mengguyur daerah sekitaran Bandung ini sempet menghambat jalannya acara ini. Talkshow Gading-Gading Ganeca yang harusnya diadain siang itu di Tugu Soekarno tampaknya tidak terlaksana, Lapangan CC Timur yang harusnya diisi oleh kegiatan mural dan aksi para skaters juga tampak sepi. Menggelar acara outdoor di musim penghujan kayak sekarang ini emang bukan ide yang bagus.


Untuk karya-karya yang ditampilin di sini bisa dibilang cukup ok. Ada robot yang bisa dikendalikan suara dan memiliki webcam, Peta Indonesia dari bahan sampah (yang memperoleh penghargaan dari MURI, atau pigura dengan gambar yang bisa bergerak. Tapi sayangnya yang ada di sini cuma sebatas barang pameran, berbeda dengan Dies Emas tahun lalu dimana selain stand dari ITB, ada juga stand dari perusahaan besar seperti Telkom Flexi dan Indosat yang menjual macam-macam handphone dan modem. Telkom buka stand juga kali ini tapi sayangnya mereka tidak menjual produk apapun. kalopun ada yang berjualan paling cuma PT. Kereta Api Indonesia yang menyediakan pelayanan untuk pemesanan tiket kereta.


Jika dinilai secara keseluruhan, acara ITB Fair ini emang patut dikunjungi oleh Wargi Bandung semua, karena selain ada pameran hasil karya mahasiswa ITB di sini juga ada beberapa acara lain seperti talkshow, panggung kesenian, aksi skaters dan masih banyak lagi. Walaupun beberapa acara yang ada sempat tertunda gara-gara hujan yang lebat di hari pertama. Satu hal yang perlu disayangkan adalah jika tahun lalu di acara Dies Emas ada banyak stand yang menjual berbagai produk dengan harga menarik, di sini stand yang ada hanya berupa stand pameran saja. Kalopun ada stand yang berjualan paling hanya PT. KAI dan stand makanan.

No response to “ITB Fair 2010 - Tetap Jalan Meski Hujan”

Leave a Reply