Selasa, 20 April 2010

The Road - Drama Masa Depresi

Genre: Drama, Thriller
Sutradara: John Hillcoat
Pemain: Viggo Mortensen, Kodi Smit McPhee, Charlize Theron, Robert Duvall, Guy Pearce
Rumah Produksi: Dimension Films
Rating: ***

The Road mungkin salah satu film yang ngga menarik perhatian Cical waktu pertama kali muncul di bioskop. Tapi semuanya berubah hari senin kemaren. Awalnya Cical mau nonton The Book Of Eli hari itu. Tapi begitu ngecek imdb.com ternyata film The Road punya nilai yang jauh lebih tinggi dari The Book Of Eli. Makannya untuk menjawab rasa penasaran, Cical pun dateng ke Blitz Megaplex buat nonton film ini.

Setting film ini cukup unik: masa yang ngga terlalu jauh dari sekarang, dimana dunia mengalami masa depresi yang berat. Bumi udah ngga nyaman lagi buat ditinggalin, suplai makanan hampir habis, pepohonan mengering, yang ada hanya segelintir orang yang ingin bertahan hidup dengan berbagai cara. Tidak ada penjelasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi.

Film ini berpusat pada kisah perjalanan seorang lelaki dengan anaknya yang diperankan oleh Viggo Mortensen dan Kodi Smit-McPhee. Di masa yang penuh ketidakpastian ini mereka melakukan perjalanan menuju pantai. Mereka berharap bisa menemukan harapan baru di sana. Sang ayah digambarkan sebagai seorang yang sangat keras kepala dan ingin melindungi anaknya sedangkan sang anak digambarkan sebagai seorang yang rapuh tapi tetap memiliki perasaan yang manusiawi terhadap siapa saja.

Di beberapa bagian, ada kilas balik yang menggambarkan kehidupan sang ayah dengan istrinya, yang diperankan oleh Charlize Theron sebelum masa depresi. Entah kenapa kilas balik ini sama sekali ngga ada hubungannya dengan cerita utama. Agak sedikit aneh emang tapi mungkin ini sengaja disisipin sebagai gambaran bahwa memori indah adalah satu-satunya hal yang biasa terngiang di masa depresi seperti itu.

Secara keseluruhan film ini sebenernya sangat sederhana. Ngga ada spesial efek yang khusus, visualisasinya pun sangat suram. Tapi nilai cerita dari film ini sangat kuat. John Hillcoat sebagai sutradara tampaknya berhasil menggambarkan masa depresi yang realistis dan juga menyentuh. Sesuatu yang jarang diperlihatkan di film-film dengan tema yang sama seperti Resident Evil: Extinction atau bahkan The Book of Eli.

Menurut Cical film ini cukup layak ditonton wargi Bandung terutama mereka yang merupakan penggemar film serius. Ceritanya cukup unik dan punya visi yang bagus walaupun untuk beberapa wargi Bandung film ini agak sedikit membosankan. Oh ya film ini cuma diputer di Blitz Megaplex loh jadi kalo mau nonton langsung aja dateng ke Paris Van Java. Klik di sini untuk jadwal nontonnya. 

No response to “The Road - Drama Masa Depresi”

Leave a Reply