Selasa, 16 Maret 2010

"Affair, Film Bioskop Rasa FTV"

Genre: Thriller/Horror
Sutradara: Nayato Fio Nuala
Pemain: Sigi Wimala, Garneta Haruni, Dimaz Aditya, Monique Henry
Rumah Produksi: Kharisma Starvision Plus
Rating: ** dari *****

Affair, begitu ngedenger judulnya ja wargi bandung pasti bisa nebak what the movie is about. Yep, pastinya film ini soal perselingkuhan. Suatu tema yang wajar, biasa, dan mafhum terjadi di kehidupan nyata. Tapi perselingkuhan macem apa yang disajikan di film kesekian besutan Nayato ini??? Perselingkuhan yang dijinkan mungkin jawaban yang tepat. Demi membahagiakan hidup Reta (Sigi Wimala) yang konon bersisa tiga bulan lagi, Santi (Garneta Haruni) bersedia nyerahin Daniel (Dimaz Aditya), pacarnya buat jadi pacar Reta. Pasalnya, Santi ga mau nyakitin perasaan Reta yang udah jadi sahabatnya dari kecil apalagi keluarga Reta pernah nyelametin hidupnya. So, Santi dan Daniel sengaja nyembunyiin status mereka di depan Reta. Ironisnya, Reta toh udah tau hubungan itu karena dia pernah mergokin Santi dan Daniel mesra-mesraan di kantin kampus. Mungkin karena udah terlanjur cinta dan berani mati demi Daniel, Reta pun pura-pura mengidap kanker otak supaya tujuan dia tercapai. Sayangnya, udah setahun lebih Reta tetap sehat wal afiat. Hubungan Reta-Daniel malah makin mesra. Santi pun cemburu berat dan tepat di hari ulang tahun Daniel, Santi ngebunuh memutilasi badan Reta. Daniel dan Santi berusaha ngebuang potongan badan Reta yang udah dimasukin ke dalem koper. Sayangnya, di tengah perjalanan mereka kecelakaan karena pengaruh arwah Reta.

Got it??? Kalo ngeliat alur ceritanya seh ga jauh beda sama FTV yang tiap hari diputer di TV nasional. Bahkan mungkin untuk sekelas film bioskop, Affair lebih buruk dari FTV-FTV itu. Fiuuhhh...maafkan diriku harus berkata demikian. Alih-alih menghadirkan sosok "hantu cantik" atau eksplorasi alur cerita yang digembar-gemborkan sebuah koran nasional, Affair buat zkheey cuma isapan jempol dan numpang lewat.

Moreover, durasinya pun cuma satu jam lima belas menit aja. Jauh lebih singkat dari acara "Take Me Out Indonesia" yang makan waktu tiga jam lebih. Sayangnya, zkheey cukup mensyukuri masalah ini, karena toh ending filmnya dah bisa ketebak. Twist yang dihadirkan pun basi dan ga istimewa. Tapi gimana dengan openingnya??? sama aja... all I wanna say "Apaan seehh???" kelemahan-kelemahan inilah yang ga bisa nutupin tata cahaya dan gambar yang katanya sangat jernih dan bagus itu. Soal akting pemerannya??? well, mengulang pernyataan diatas, FTV banget lah. Dimaz sendiri bisa wargi bandung liat di sinetron "Angel" di Trans TV yang tayang tiap hari. Garneta pernah maen di "Pulau Hantu 2" dengan peran yang seksi dan buka-bukaan. Sementara Sigi Wimala...hmmm..gatau kenapa sampe detik ini zkheey ga pernah suka sama akting, penampilan, atau apapun dari dia. Masih inget akting dalem dan mengharukan (lebay) dia di "Tentang Dia" barengan Adinia Wirasti??? I didn't like it and so is this movie. Toh walopun berstatus istri Timothy Tjahjanto, di "Rumah Dara" dia cuma kebagian peran pembantu. Kalo diliat dari aura muka dan pembawaannya, Sigi mungkin mirip Julie Estelle. Tapi buat maenin peran utama dengan tuntutan akting berat, Sigi belom mampu nandingin Julie. Lastly, gimana dengan penampakan hantu, kesan thrilling dan menakutkannya??? hmmm....standar dan biasa khas film-film Starvision. (Zkheey)

No response to “"Affair, Film Bioskop Rasa FTV"”

Leave a Reply