Kamis, 25 Maret 2010

Te[rekam] - [Rec] Wannabe

Genre: Thriller/Horror
Produser: Lucky Lukman Hakim
Pemain: Olga Lidya, Julia Perez, Monique Henry
Rumah Produksi: Batavia Pictures
Rating: **

Waktu pertama kali lihat poster Te[rekam] pasti wargi Bandung semua udah bisa menebak film apa yang jadi influence untuk membuat film ini. Yup apa lagi kalo bukan [Rec], film horror sensasional asal Spanyol yang mengambil sudut pandang langsung dari footage kamera. Tapi apakah film ini mengkopi [Rec] abis-abisan seperti posternya?

Film ini agak sedikit membingungkan memang. Kabarnya rekaman film ini diambil dari rekaman nyata ketika Olga Lidya yang mengajak dua orang temannya Julia Perez dan Monique Henry menginap di rumah salah seorang teman Olga, yaitu Siska (ngga muncul di film ini). Olga saat itu berniat untuk menggarap sebuah film horror dan surveinya dilakukan di rumah temannya itu tadi. Untuk keperluan dokumentasi Olga memasang kamera di hampir sudut rumah. Tanpa dia sadari, selain merekam semua kegiatan mereka di rumah itu kamera-kamera itu juga merekam penampakan hantu yang bergentayangan di rumah itu.

Lalu yang jadi pertanyaan apa bener film ini memang berdasarkan dari rekaman asli? Cical sendiri bisa mastiin kalo film ini fiktif belaka. Kabar keaslian rekaman ini emang sengaja dimanfaatin agar filmnya laku. Lagi pula dari penampakan hantu yang muncul keliatan jelas kalo hantunya bohongan. Hantunya terlihat sangat solid, beda banget sama rekaman-rekaman penampakan yang biasanya berupa bayangan.

Secara teknis sendiri film ini emang banyak meniru film [Rec] misalnya adegan terkurung di ruangan gelap hanya dengan berbekal kamera dengan fitur night vision. Adegan itu bisa dibilang trademarknya film [Rec] namun sayang walaupun adegan ini meniru, Te[rekam] gagal memberikan suasana sangat mengerikan yang diberikan [Rec] di adegan yang sama.

Untungnya Te[rekam] ngga serta-merta mengkopi [Rec] abis-abisan. Ada beberapa unsur film lain yang di masukan ke film ini sehingga terasanya film ini jadi lebih fresh untuk ditonton. Misalnya aja sesi wawancara yang ditampilkan di awal dan akhir film ini. Mengingatkan Cical pada film The Forth Kind. Terus rekaman dari beberapa kamera dipasang Olga mengingatkan ama film Paranormal Activity dan District 9. Yang perlu disayangkan mungkin penambahan background music yang sebenernya ngga terlalu penting untuk film dengan model seperti ini.

Jadi apa film ini layak untuk di tonton? Well, kalo wargi Bandung semua mungkin pengen banget nonton dalam waktu deket dan ngga sabar nunggu film holywood macam Shutter Island atau Green Zone, film ini bisa jadi hiburan walaupun ngga ada yang bener-bener spesial di dalamnya. Paling ngga wargi Bandung bisa nonton acting konyol si sexy Julia Perez yang mungkin bisa mengundang banyak tawa.

Klik di sini untuk melihat jadwal nonton di 21 / XXI atau klik di sini untuk jadwal nonton di Blitz Megaplex Paris Van Java.

No response to “Te[rekam] - [Rec] Wannabe”

Leave a Reply