Kamis, 22 Juli 2010

Kue Tabi Goreng, Cemilan Unik, Gurih, dan Nagih

Sekilas wujud kue ini persis bakwan goreng dengan potongan udang di tengahnya. Hmmm...jadi pengen nyoba pas zkheey mampir ke standnya di ajang Frestival kemaren. Eiiittttsss...walopun namanya kue, cemilan ini rasanya asin loh. Jadi jangan ngebayangin kalo "Kue" yang satu ini cemilan manis. Mungkin lebih tepat kalo Kue Tabi sejenis sama gorengan. Tapi juga bukan gorengan pinggir jalan kaya biasanya, karena satu buah Kue Tabi dijual dengan harga 5 ribu rupiah. Mahal??? ga juga deh, sebelum zkheey jelasin komposisi bahannya.


Kue Tabi goreng ini punya komposisi rumput laut, ayam, dan jamur. Yup jadi ketiga bahan itu dicampur jadi satu dan diaduk sama tepung terigu. Kemudian adonan Tabi dicetak di atas cukil yang berukuran gede trus langsung digoreng ke dalam minyak panas. Cara gorengnya pun pake metode deep fry loh dimana minyaknya harus menuhin penggorengannya sampe kue tabi yang udah mateng bener-bener mengambang. Udah kebayang kan??? bahan-bahan dan ukurannya itulah yang ngebuat kue tabi jadi agak mahal dari gorengan kebanyakan.

Rasanya??? hmmm...gurih...mungkin karena pengaruh rumput lautnya yang waktu itu seh keliatan kayak butiran kangkung???LOL...karena emang kue tabi ini ga pedes, so lebih enak kalo wargi bandung nikmatinnya pake cabe rawit atau sambel ato saos botolan. Tips aja, bakalan lebih enak kalo kue ini dicicipin dalam keadaan panas alias baru diangkat dari penggorengannya. Try it...Buat wargi bandung yang berminat, bisa dapetin kue "Tyapiah Berih" (nama si pencipta kue ini) alias Kue Tabi di Jalan Sekeloa No. 25 Margahayu Permai, Kopo. Hmmm...jauh tapi nagih ko. (Zkheey)