Minggu, 10 Oktober 2010

Madame X - Komedi Super Hero Yang Menghibur

Genre: Aksi, Komedi
Sutradara: Lucky Suwandi
Pemain: Amink, Joko Anwar, Fitri Tropica, Titi DJ, Sarah Sechan, Shanty, Marcell Siahaan, Robby Tumewu, Ria Irawan, Vincent Rompies
Rumah Produksi: Kalyana Shira Films
Rating: ***1/2

Buat wargi Bandung semua yang aktif di dunia maya terutama jejaring sosial Twitter mungkin pernah mendengar nama Madame X. Yup, film yang diproduseri oleh Nia Dinata ini emang sempat menjadi buah bibir di kalangan artis selama masa proses shooting-nya beberapa bulan lalu. Kabarnya proses shooting film ini seru banget karena banyak melibatkan nama-nama artis papan atas yang dituntut untuk memerankan peran-peran yang aneh bin ajaib. Tapi apakah hasil akhir film ini seseru proses shooting-nya?

Madame X bercerita tentang seorang waria bernama Adam (Amink) yang bekerja di sebuah salon yang dimiliki oleh Tante Liem (Baby Jim Aditya). Saat sedang merayakan hari ulang tahunnya di sebuah klub khusus gay, Adam bersama teman-temannya yang sebagian adalah waria terjaring razia yang dipimpin oleh Kanjeng Badai (Marcell Siahaan). Di saat itulah Adam terlempar dari truk yang mengangkut dia dan teman-temannya.

Di sanalah dia diselamatkan oleh Om Rudi (Robby Tumewu), pemilik sebuah sanggar tari di Tanjung Awan yang beristri Tante Yanje (Ria Irawan) yang seorang trans gender. Akhirnya Adam pun memutuskan untuk tinggal dan belajar menari di sana. Tanpa di sengaja Adam melihat sosok Kanjeng Badai yang ternyata adalah kandidat presiden suatu partai di televisi. Teringat perlakuan Kanjeng Badai padanya dan teman-temannya, Adam pun memutuskan untuk kembali ke ibu kota untuk membalas dendam dengan berbekal peralatan super hero yang diberikan Om Rudy.

Dari segi tema film ini bisa dibilang cukup menarik: komedi super hero yang banyak mengedepankan hak-hak kaum gay dan lesbian. Tema yang bisa dibilang cukup revolusioner, apa lagi ditambah dengan visualisasi yang colorful dan agak sedikit comical membuat film ini bakal berbeda dari film-film yang pernah wargi Bandung tonton sebelumnya.

Yang paling menonjol dari film ini adalah para pemerannya. Misalnya saja dua teman Adam,: Aline seorang waria cerewet yang diperankan Joko Anwar dan Cuncun, cewek lesbian yang diperankan Fitri Tropica. Terus ada Din, seorang jenius fisika yang kehilangan suaranya. Dan jangan tiga istri Kanjeng Badai yang diperankan oleh Sarah Sechan, Titi DJ, dan Shanty. Tokoh-tokoh inilah yang membuat film ini jadi lebih menyenangkan buat ditonton.

Film ini bisa dibilang film yang cukup bagus overall, walaupun menurut Cical setting dan visualisasi dunia antah berantahnya tidak sekuat dua film Joko Anwar yang terakhir: Kala dan Pintu Terlarang. Tapi paling tidak film ini punya ide yang fresh dan cukup menghibur buat ditonton wargi Bandung.

Klik di sini untuk liat jadwal nonton film di 21 / XXI, Klik di sini untuk Blitz Megaplex Paris Van Java.

No response to “Madame X - Komedi Super Hero Yang Menghibur”

Leave a Reply